Halaman

Cari Artikel

Beli Rumah Pertama

Beli Rumah Pertama Kali??? Anda pasangan muda yang baru menikah dan ingin memiliki sebuah tempat tinggal? Jika memiliki dana cukup, pilihan pertama Anda sebaiknya adalah membeli rumah, baik dengan cara tunai atau melalui kredit pinjaman.

Dan jika Anda berpikir untuk membeli rumah untuk pertama kalinya, pastikan memiliki rencana tentang bagaimana semua biaya yang nanti dikeluarkan. Konsultasikan pada pihak bank tentang cara pembelian rumah dan mereka akan menjelaskan biaya utama yang Anda harus membayar.

Bagi kebanyakan orang, biaya pembelian rumah tergantung pada nominal uang yang tersedia dan cara mendapat hipotek yang aman. Perhitungan awalnya adalah memperhitungkan dana yang harus ada dari pembagian pengeluaran berdasarkan gaji Anda.

Melalui perhitungan ini, Anda dapat mengetahui jumlah yang harus dibelanjakan dan bisa segera merealisasikan mimpi mempunyai rumah sendiri untuk pertama kalinya. Dan banyak cara untuk memperoleh produk rumah yang Anda cari, bahkan saat ini hampir 80% masyarakat melakukan pencarian melalui Internet, karena selain menghemat waktu, juga biaya dan efesien.

Hanya dengan beberapa klik dari mouse pada layar monitor komputer, Anda dapat mencari melalui daftar ratusan online, melihat virtual tour, dan menyortir melalui puluhan foto dan gambar rumah yang tersedia. Sehingga memudahkan dalam pencarian, selain informasi dari orang terdekat, teman, iklan dan lainnya.

Pastinya Anda terlebih dahulu harus memperhitungkan anggaran rumah tangga secara tepat, agar dapat mempertimbangkan situasi keuangan dan kemampuan pembayaran hipotek. Lalu meminta saran kepada keluarga dan teman yang dapat membantu dengan proses membeli rumah.

Membeli sebuah rumah untuk pertama kalinya kadang jadi menakutkan dan pengalaman hidup tersendiri. Ada baiknya Anda memperhatikan beberapa poin di bawah ini, yang bisa menjadi panduan sederhana. Berikut di antaranya :

1. Kecukupan Dana
Sebelum menyakinkan diri untuk membeli dan memiliki sebuah rumah impian pertama kalinya, yakinkan berapa besar jumlah dana yang Anda miliki. Perhitungkan pemasukan dan pengeluaran per bulannya dan bagaimana biaya cicilannya. Jika sudah matang, maka Anda bisa merencanakan langkah dan kalau sebaliknya, maka bisa melalui teman, bank atau perusahaan untuk memperoleh pinjaman.

2. Lokasi yang Dicari
Bagi sebagian orang, mencari sebuah rumah adalah melihat keadaan lingkungan sekitarnya. Faktor keamanan dan kenyamanan menjadi nomor satu bagi seluruh anggota keluarga. Juga kedekatan lokasi dengan pusat bisnis dan sekolah untuk anak-anak Anda nantinya.

3. Mendapat Persetujuan Pinjaman
Pengajuan kredit pembelian rumah Anda dipenuhi, maka tinggal meneruskan rencana dengan memperoleh hak pinjaman hipotek. Pilihlah jenis rumah yang memang sesuai kebutuhan, jangan berlebihan dan nomimal harus sesuai dengan pinjaman yang Anda dapat.

4. Teliti Sebelum Membeli
Sudah mendapatkan yang cocok, tapi Anda harus tetap memeriksanya secara keseluruhan, luar dan dalam. Yakinkan diri, apakah memang sudah sesuai dan harapan yang diinginkan.

5. Negosiasi Harga
Pilihan akhir telah ditetapkan, jika Anda membeli langsung dengan si pemilik rumah, maka bernegosiasilah yang baik. Dapatkan harga yang tidak membuat Anda harus membayar mahal atau lebih.

6. Belilah dan Segera Menempati
Jika memang sudah terjadi sebuah kesepatan dan Anda telah memeriksa secara keseluruhan dari rumahnya dan lingkungannya baik, serta berbagai pertimbangan, maka jangan berpikir panjang. Segeralah buat perjanjian tertulis, jangan sampai Anda keduluan oleh calon pembeli yang lain dan siapkan diri untuk melakukan ‘pindahan’.

Adapun jika ingin membeli rumah dari pihak developer, pilihlah yang sudah berpengalaman dan berlisensi real estate agent. Mencari agen properti yang dapat bekerja sama dengan Anda berdasarkan kebutuhan dan jadwal pribadi juga bisa dilakukan. Tapi periksalah referensi sebelumnya, tentang klien dan memastikan bahwa dia adalah responsif dan tersedia untuk Anda. Jadi, selamat berburu rumah baru!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...